Translate

Translate

Rabu, 06 Juni 2012

Cegah Kanker Kolon dengan Vitamin dan Mineral

Kanker kolon atau kanker usus besar adalah suatu bentuk keganasan yang terjadi pada kolon, rektum, dan appendix (usus buntu). Di negara maju, kanker ini menduduki peringkat ke tiga yang paling sering terjadi, dan menjadi penyebab kematian yang utama.
Kanker ini dapat terjadi akibat gaya hidup tak sehat termasuk pola diet yang salah sehingga menyebabkan tubuh kekurangan vitamin dan mineral.
Sebagai bahan penelitian, peneliti menggunakan beberapa ekor tikus. Tikus dipilih karena perkembangan kanker dan tumor pada tikus memiliki proses yang serupa dengan manusia.
Tikus-tikus ini dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama diberi makanan tinggi lemak, rendah serat, dan bahan makanan yang mengandung karsinogen (pemicu kanker). Sedangkan pada kelompok kedua diberi makanan yang sama dan ditambahkan suplemen vitamin dan mineral.
Dalam 32 minggu tikus yang berada dalam kelompk pertama mengalami pre-kanker kolon, sedangkan kelompok kedua berhasil menurunkan risiko kanker hingga 84 persen sekaligus menghentikan perkembangan kanker tersebut.
Para peneliti menyimpulkan bahwa suplementasi multivitamin dan multimineral secara sinergis berkontribusi terhadap pencegahan dan penurunan risiko kanker, seperti kanker kolon.
Oleh karena itu, mengonsumsi vitamin dan mineral sangat dianjurkan. Terutama bagi Anda yang cenderung menjalani pola hidup tak sehat, seperti merokok, mengonsumsi junkfood, dan jarang berolahraga.
Vitamin dan mineral juga bisa Anda dapatkan dari sayuran dan buah-buahan segar yang kaya akan antioksidan. Antioksidan merupakan senjata yang ampuh untuk melawan perkembangan radikal bebas penyebab kanker dan penyakit berbahaya lainnya.
Cukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda dari sekarang dan dapatkan hidup lebih sehat dan bebas dari kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar