Translate

Translate

Rabu, 06 Juni 2012

5 Makanan yang Melemahkan Tulang Anda

Beberapa makanan dapat melarutkan mineral dari tulang dan menghalangi kemampuan mereka untuk tumbuh kembali. Berikut adalah 6 makanan yang berpotensi besar merusak tulang Anda ketika Anda konsumsi berlebihan:
1. Garam
Garam mengikis kalsium dari tulang yang menyebabkan melemahnya tulang dari waktu ke waktu. Para pakar gizi mengatakan, setiap 2.300 miligram sodium yang Anda konsumsi, Anda kehilangan sekitar 40 miligram kalsium. Sebuah studi membandingkan wanita pasca-menopause yang makan diet tinggi garam dengan mereka yang tidak, dan hasilnya mereka yang makan banyak garam kehilangan mineral tulang lebih banyak.
Solusi: Salah satu cara yang paling efektif dan efisien untuk mengurangi konsumsi garam adalah dengan menghindari makanan olahan atau awetan.
2. Soft Drink
Soft drink atau minuman ringan berkarbonasi dapat menimbulkan bahaya ganda pada tulang Anda. Ini sering berasal dari asam fosfat, yang sampai tingkat di mana kalsium diekskresikan dalam urin. Minuman ringan dan soda dapat memuaskan dan menghilangkan haus Anda tanpa memberikan nutrisi yang mungkin Anda dapatkan dari susu atau jus buah alami.
Solusi: Cobalah untuk menggantinya dengan susu, jus jeruk yang diperkaya kalsium dan vitamin D, smoothie buah yang dibuat dengan yoghurt atau hanya meminum air putih saja.
3. Kafein
Kafein sama berbahayanya dengan garam yaitu dapat mengikis kalsium dari tulang. Untuk setiap 100 mg kafein (jumlah dalam cangkir kecil dan sedang), Anda kehilangan 6 mg kalsium. Ini tidak banyak, tapi bisa menjadi masalah jika Anda mengganti semua minuman sehat, seperti susu dan jus yang diperkaya kalsium dengan minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh.
Solusi: Pilihlah kopi decaffeinate atau tambahkan susu pada kopi Anda untuk membantu mengimbanginya.
4. Alkohol
Alkohol dapat menghambat penyerapan mineral pembentuk tulang yang Anda dapatkan saat Anda makan. Minum alkohol dalam jumlah besar dapat mengganggu proses pembentukan tulang dengan mencegah osteoblast dan sel-sel pembentuk tulang untuk melakukan pekerjaan mereka. Jadi, tidak hanya melemahkan tulang, alkohol juga dapat menghambat penyembuhan ketika Anda menderita patah tulang.
Solusi: Batasi minum alkohol anggur, bir atau minuman keras lainnya.
5. Lemak Trans
Vitamin K sangat penting untuk tulang kuat dan minyak nabati seperti minyak canola dan zaitun merupakan sumber terbaik zat gizi ini, setelah sayuran hijau. Penelitian terbaru menemukan bahwa proses hidrogenasi, yang mengkonversi minyak nabati cair ke dalam minyak padat yang digunakan untuk memasak, menghancurkan vitamin K yang terkandung didalamnya.
Solusi: Jika Anda seorang pencinta makanan yang dipanggang seperti muffin dan cookies, sebisa mungkin gunakan minyak canola, dan bacalah label untuk menghindari minyak terhidrogenasi atau lemak trans.
Jadi, mulailah jaga kesehatan tulang Anda dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat dan batasilah konsumsi makanan dan minuman yang akan melemahkan dan menurunkan kesehatan tulang Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar